Kamis, 11 November 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN TRAINING DARI CODE DIVISION PT. ASPROS BINAREKA DI BANDUNG

Oleh : Senny Handayani, Rizki Tribowo dan Januar Habibi

Jurusan Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia

(Artikel Dipublikasikan pada ; ProMark Vol.1 No.1 Juni 2010, hal.50-68)

0050610

ABSTRAK

CODE Division PT. Aspros Binareka adalah salah satu dari sekian banyak instansi yang memberikan layanan jasa dibidang training untuk memberikan kemudahan bagi konsumen terhadap pengembangan sumber daya manusia, harus mengetahui kelengkapan produk yang dirancang oleh bagian pemasaran dalam divisi khususnya mengenai atribut produk yang akan dipasarkan karena hal tersebut akan mempengaruhi kesadaran dan loyalitas pelanggan.

Dengan menggunakan analisis dekriptif frekuensi yang diolah dalam bentuk scoring, dapat diketahui penilaian kosumen terhadap faktor-faktor yang harus menjadi perhatian penting oleh CODE Division PT. Aspros Binareka terhadap atribut produk layanan yang ditawarkan berdasarkan urutan prioritas hasil pengolahan data serta faktor-faktor dominan apa dari atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam memutuskan menggunakan layanan training dari CODE Division PT. Aspros Binareka dengan sudut pandang dalam penelitian ini dilihat melalui atribut produk jasa atau layanan yang diberikan.

Dari hasil analisis deskriptif frekuensi dalam bentuk scoring menunjukkan bahwa faktor yang harus diperhatikan untuk memperoleh penilaian yang baik dari pelanggan yaitu dari subvariabel kualitas produk adalah dengan indikator harga yang mendapatkan penilaian tidak setuju bahwa harga menjadi pertimbangan utama. Dari pemilihan layanan dan peralatan (properti) yang digunakan, hanya mendapatkan penilaian netral serta dari subvariabel kemasan yaitu ciri khas dari kegiatan yang diadakan hanya mendapatkan penilaian netral dari para pelanggan. Sedangkan faktor-faktor dominan dari atribut produk yang merupakan penilaian pelanggan yaitu dari subvariabel warna dengan indikator ketepatan materi yang disampaikan, dari subvariabel pelayanan dengan indikator keramahan karyawan serta tenaga ahli, dari subvariabel label dengan indikator slogan dan dari subvariabel distribusi dengan indikator kemudahan akses informasi. Sangat perlu diperhatikan oleh CODE Division PT. Aspros Binareka mengenai penilaian dari konsumen dan faktor-faktor yang turut dipertimbangkan oleh konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.

Kata kunci: keputusan pembelian, atribut produk


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :

Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). Begitu juga bagi teman-teman yang Artikelnya akan dimuat pada Jurnal tersebut, e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Related Posting :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar